Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anggaran Pertemuan IMF-Bank Dunia Rp 810 Miliar, Panita Janji akan Hemat Sebanyak Mungkin

Hal itu mengingat kondisi perkembangan dunia terkini, di mana terjadi dinamika global serta dampak yang dirasakan di hampir seluruh negara, baik negara maju maupun berkembang.

"Kami akan menghemat sebanyak mungkin anggaran, tidak terlalu wah pelaksanaan di sana karena kami tidak ingin itu kelihatan wah. Justru kami akan buat output-nya yang lebih wah," kata Ketua Panitia Nasional IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Senin (4/6/2018).

Pemerintah sebagai tuan rumah agenda tahunan IMF-Bank Dunia kali ini sudah menganggarkan Rp 810,17 miliar untuk pelaksanaan acara tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya pernah mengungkapkan, anggaran yang dikeluarkan Indonesia sebagai tuan rumah masih di bawah anggaran yang dialokasikan negara lain ketika mereka yang berperan sebagai tuan rumah pertemuan tahunan.

Alokasi anggaran dari Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan paling besar diperuntukkan bagi meeting requirement berupa penetapan vendor dari domestik, kemudian untuk kebutuhan informasi teknologi selama acara berlangsung, serta untuk komunikasi, pemasaran, dan media. Luhut juga menekankan, seluruh akomodasi dan konsumsi ditanggung sendiri oleh para peserta pertemuan tahunan.

"Dengan demikian, penyelenggaraan IMF-World Bank Group Annual Meeting mampu meningkatkan devisa negara dan menggerakkan perekonomian Bali dan Indonesia pada umumnya," tutur Luhut.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/05/103002826/anggaran-pertemuan-imf-bank-dunia-rp-810-miliar-panita-janji-akan-hemat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke