Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Darmin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2018 5,4 Persen

Keyakinannya didasari oleh sejumlah event besar yang diperkirakan dapat mendorong tingkat konsumsi rumah tangga, di mana komponen tersebut memiliki porsi besar dalam struktur pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Sehingga sebetulnya kalau beberapa lembaga internasional menurunkan target pertumbuhan ekonomi kita jadi 5,3 persen, saya kok melihat angka 5,4 persen itu masih oke," kata Darmin saat open house di kediamannya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018).

(Baca: Ekonomi Indonesia Baik, Bank Indonesia Fokus Hadapi Faktor Eksternal)

Event besar yang dimaksud oleh Darmin adalah Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang serta Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Selain itu, Indonesia menjadi tuan rumah IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 di Bali pada Oktober mendatang.

Dampak Pilkada serentak terhadap pertumbuhan ekonomi bahkan diyakini bisa menyumbang kontribusi 0,1 persen.

(Baca: Pilkada Serentak Diprediksi Dorong Pertumbuhan Ekonomi 0,1 Persen)

Sementara untuk Asian Games dan IMF-World Bank Annual Meeting disebut juga menimbulkan dampak serupa, ditambah akan ada banyak orang asing yang datang ke Indonesia.

Keramaian dari acara-acara tersebut akan mendorong pengeluaran dan penerimaan uang yang menstimulus kegiatan ekonomi di sejumlah sektor.

Meski begitu, Bank Dunia memandang prospek ekonomi Indonesia masih positif hingga akhir tahun ini, dengan indikator fundamental makroekonomi yang kuat.

Kondisi ekonomi dalam negeri juga diperkirakan membaik dengan inflasi yang terjaga serta tingkat utang yang masih dalam batas aman.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/16/174648726/darmin-optimistis-pertumbuhan-ekonomi-2018-54-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke