Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semarang Masih Jadi Destinasi Utama Mudik Gratis Tahun Depan

Meski demikian, Budi Karya mengaku masih akan tetap fokus pada rute Jakarta-Semarang seperti pada mudik tahun ini.

"Saya pikir saya masih akan konsentrasi di Jawa Tengah. Sebab, Jateng ini yang paling masif dan kalau ke Surabaya masih menjadi terlalu lama karena waktu tempuh dari Jakarta bisa dua hari dua malam," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2018).

Menurut Budi Karya, rute Jakarta-Semarang via Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas dapat ditempuh pemudik dalam kurun waktu 22 hingga 24 jam.

(Baca: Tahun Depan, Menhub Target 100 Ribu Orang Mudik Gratis Lewat Laut)

Waktu tempuh tersebut dinilai Budi Karya masih ideal dan nyaman bagi para pemudik.

"Kan kita tahu biasanya overload kendaraan itu untuk jalur Jakarta-Semarang. Jadi kita akan konsentrasi rute itu. Nah dari sana kan bisa kemana-mana, di antara mereka ada juga yang lanjut ke Solo dan Wonogiri sehingga Semarang ini menjadi salah satu destinasi mudik gratis yang akan kita tingkatkan," ujar dia.

Adapun untuk capaian tahun ini, Budi Karya mengklaim ada 30.000 orang dan 15.000 motor yang turut serta dalam mudik gratis menggunakan kapal yang diselenggarakan oleh Kemenhub.

"Melihat itu maka saya akan upayakan tahun depan meningkat jumlah peserta mudik gratis, kalau bisa 3 kali lipat hingga 100 ribu orang. Tetapi itu akan dilihat ketersediaan kapalnya," katanya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/21/052100526/semarang-masih-jadi-destinasi-utama-mudik-gratis-tahun-depan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke