Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Akan Bangun Jembatan Timbang di Tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan membangun jembatan timbang di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Pembangunan jembatan timbang untuk mengantisipasi kemacetan yang diakibatkan oleh kendaraan logistik yang bermuatan lebih.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya terdapat pelanggaran kelebihan dimensi dan muatan sebanyak 90 persen.

"Angkutan berat sebetulnya esensinya tidak perlu dilarang, tapi dalam catatan kami truk itu hampir 90 persen over dimension overload. Sebab itu kami akan lakukan uji coba di jalan tol, terutama di Jakarta-Bekasi," ujar Budi di Kantor Kemenhub, Senin (25/6/2018).

(Baca: Atasi Truk Overload Jasa Marga Terapkan Aturan Baru)

Budi menjelaskan, kendaraan kelebihan muatan dapat menyebabkan kemacetan karena tak dapat memacu kendaraannya secara maksimal.

"Kami berharap kecepatan truk meningkat dan kemacetan di beberapa titik membaik. Selain itu umur dari jalan-jalan itu lebih lama," kata dia.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga terkait pembangunan jembatan timbang tersebut.

(Baca: Pengelola Harus Berani Larang Truk Overload Masuk Tol)

Budi menginginkan, jembatan timbang tersebut dibangun di dekat pintu masuk tol.

"Ya saya harapannya begitu memasuki tol, saat di awal-awal dari mulai perpindahan dari nasional ke jalan tol, bikin jembatan timbang atau di rest area," ucap dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/25/182517826/kemenhub-akan-bangun-jembatan-timbang-di-tol-jakarta-cikampek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke