Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dirjen Perhubungan Laut Sebut KM Lestari Maju Tidak "Over Capacity"

"Bukan, ini bukan karena kelebihan penumpang. Manifesnya lengkap, semuanya lengkap. Sesuai dengan kapasitas ini. Dari segi penumpang masih memenuhi syarat," kata Agus saat ditemui di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Dari manifes yang ada, KM Lestari Maju diketahui mengangkut 139 penumpang, 18 kendaraan roda dua, 14 kendaraan roda empat, delapan kendaraan golongan lima dan delapan kendaraan golongan enam.

"Kalau kapasitas kapal itu 140 penumpang. Untuk kendaraan harus saya cek dulu, tapi enggak rasanya, kendaraan yang ada di atas kapal tidak overload, masih batas aman, standard masih dipenuhi," tutur Agus.

Selain itu, Agus juga memastikan KM Lestari Maju juga layak berlayar, meskipun kondisinya sudah cukup tua. Agus pun meyakini cuaca ekstrem di lautan membuat nahkoda terpaksa mengandaskan kapal tersebut.

"Ini masih layak jalan walupun relatif tua. Cuaca normal bisa berlayar dia. Tapi karena cuaca sangat tidak mendukung maka nahkoda terpaksa mengandaskan kapal," ungkap dia.

KM Lestari Maju merupakan kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira - Pamatata. Kapal tersebut memiliki panjang 48,48 meter dan lebar 16,50 meter serta berat GT 1519. Kapal berbahan dasar baja, memiliki satu geladak dan dan dua baling-baling, serta memiliki daya mesin sebesar 650 HP.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/03/205503026/dirjen-perhubungan-laut-sebut-km-lestari-maju-tidak-over-capacity

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke