Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Ancam Tutup Pelabuhan di Daerah yang Tak Jalankan Standar Keselamatan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan peraturan dan prosedur operasi standar (SOP) keselamatan transportasi harus diterapkan di seluruh pelabuhan. 

"Kami minta juga kepada KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan) untuk memastikan SOP di pelabuhan bisa berjalan dengan baik. Saya minta kepada pemerintah daerah untuk menutup pelabuhan yang tidak mengikuti peraturan yang berlaku.” ujar Budi dalam acara Pengarahan tentang Keselamatan Sarana dan Prasarana di Hotel Merlyn Park, Jumat (6/7/2018).

Menurut Menhub, ketika pelabuhan tidak melakukan manajemen dan penerapan fungsi peratura dengan baik, pihaknya akan mengambil langkah yakni menutup pelabuhan. Dia juga berpesan agar dalam pengelolaan pelabuhan, petugas yang berwenang tidak menjalankannya dengan sesuka hati.

“Jadi ada beberapa daerah yang memaksakan satu kabupaten ada 40 pelabuhan, saya minta dikurangi,” ujar Budi. 

Sebelumnya, terjadi dua kecelakaan yang menimpa kapal penyeberangan. Kapal-kapal tersebut berangkat dari pelabuhan yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

Dua kecelakaan yang dimaksud adalah KM Sinar Bangun di Danau Toba dan KM Lestari Maju di perairan Selayar, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/06/131952626/menhub-ancam-tutup-pelabuhan-di-daerah-yang-tak-jalankan-standar-keselamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke