Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IDF Jadi Ajang Berbagi Strategi Memajukan Potensi Daerah

Bappenas sebelumnya telah menghimpun permasalahan yang dihadapi, terutama di daerah-daerah terpencil. Sebab, daerah tersebut kerap kali kalah saing dari segi pembangunan dibanding daerah di pulau Jawa.

"Pemerintah sekarang dengan nawacita kita mau membangun dari pinggir. Bukan hanya membangun daerah, tapi mendorong inisiatif lokal," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Bambang mengatakan, selama dua dekade terakhir pembangunan terlaku terpusat di Jawa. Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, pembangunan kini bergeser ke wilayah pinggiran dan perbatasan. Sebab, selain pulau Jawa, daerah lain memiliki potensi luar biasa namun ekonominya jauh tertinggal.

Oleh karena itu, dalam IDF ini, perwakilan pemerintah daerah masing-masing akan mengangkat inovasi di daerah masing-masing agar pembangunan dan perekonomiannya bertumbuh.

"Kami ingin mengangkat inisiatif, inovasi, ide yang mungkin sudah berlangsung baik di suatu daerah, dan berbagi dengan daerah lain," kata Bambang.

Diharapkan daerah lain akan meniru dan memodifikasi terobosan di daerah lain untuk diterapkan di daerahnya. Tentunya disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing. Gagasan tersebut tak hanya lahir dari pemerintah, tapi kelompok masyarakat juga dipicu kreatifitasnya.

"Kita mau semua ide yang dibicarakan dan dishare bisa dijalankan di daerah masing-masing," kata Bambang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/123100126/-idf-jadi-ajang-berbagi-strategi-memajukan-potensi-daerah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke