Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham Facebook Anjlok 20 Persen karena Pertumbuhan Pengguna Melambat

Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini mencatatkan perlambatan pertumbuhan pengguna sekaligus memberikan peringatan mengenai pertumbuhan pendapatan yang akan melambat dengan cepat dalam waktu dekat.

Sebelum laporan penghasilan kuartal II tahun 2018 ini, harga saham Facebook sempat menyentuh rekor tertingginya yakni 217,5 dollar AS per lembar saham. Namun angka ini pun menyusut menjadi 172 dollar AS per lembar saham.

Sehingga, bisa dikatakan kapitalisasi pasar Facebook turun hingga 123 miliar dollar AS. Dalam hitungan 2 jam, Facebook kehilangan nilai lebih dari yang pernah terjadi pada sebagian besar start up bahkan perusahaan publik.

Hal ini disebabkan, pengguna facebook hanya tumbuh sekitar 1,54 persen pengguna secara bulanan, padahal pada kuartal sebelumnya pengguna facebook tumbuh hingga 3,42 persen setiap bulannya.

Anjloknya pertumbuhan pengguna dalam waktu yang sangat ini akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan Facebook secara keseluruhan.

Facebook memperhitungkan, di Eropa terjadi penurunan jumlah pengguna dari 377 juta menjadi 376 juta pengguna setiap bulan. Sementara di Amerika Serikat dan Kanda angka tersebut tertahan pada 241 juta pengguna.

Pengguna dari kedua negara tersebut adalah yang paling menguntungkan dari Facebook, dengan masing-masing mampu menghasilkan 25,91 dollar AS per pengguna di Amerika bagian utara, dan 8,75 dollar AS di Eropa.

Jika pertumbuhan di kedua wilayah tersebut terhenti atau bahkan jatuh, maka pertumbuhan pengguna di wilayah lain di dunia yang begitu cepat, namun hanya menghsilkan 1,91 dollar AS per pengguna tidak akan dapat mengimbangi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/26/100817126/saham-facebook-anjlok-20-persen-karena-pertumbuhan-pengguna-melambat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke