Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inflasi Inti Tinggi, Ini Kata Menko Darmin

Beberapa di antaranya adalah permintaan yang membaik, pengaruh depresiasi rupiah, dan kenaikan harga komoditas terutama minyak mentah.

"Kalau saya cenderung menganggap bukan satu penyebabnya. Ya ada karena perbaikan permintaan, ada karena kurs sedang melemah jadi imported inflation-nya juga ada," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Rabu (1/8/2018).

Seperti diberitakan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan inflasi inti yang cukup tinggi pada Juli 2018. Bahkan, posisi inflasi inti kali ini mencapai 0,41 persen atau yang tertinggi sejak Januari 2017.

Sementara itu, inflasi inti tahunan Juli 2018 tercatat sebesar 2,87 persen year on year (yoy), tertinggi sejak Januari 2018.

Menko Darmin menyebutkan, besaran inflasi inti secara bulanan memang sudah lama tak melebihi angka 0,3 persen. Rata-rata setiap bulannya, inflasi inti bulanan berada pada kisaran 0,3 persen.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya optimistis inflasi umum masih berada di kisaran target pemerintah, yaitu 3,5 plus minus 1 persen.

"Yaa, 3,6 persenlah, kan masih sesuai target," ujar dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/02/062400426/inflasi-inti-tinggi-ini-kata-menko-darmin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke