Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investor Ritel Bisa Beli Efek Beragun Aset Hanya Dengan Rp 100.000

Produk EBA-SP Ritel SMF yang akan dipasarkan oleh BNI Sekuritas adalah EBA-SP BTN 01 Kelas A dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan kupon bunga 8,6 persen per tahun dengan denominasi hanya Rp 100.000.

Adapun EBA-SP SMF-BTN 01 Kelas A tercatat pada bursa efek pada tanggal 3 Desember 2015 dengan tanggal Jatuh Tempo Final EBA-SP Kelas A jatuh pada tanggal 7 Maret 2022. Namun demikian, diperkirakan akan lunas lebih awal karena kumpulan tagihan mempunyai rata-rata tertimbang jatuh tempo (weighted average life) selama 2,08 tahun.

Sementara itu, Presiden Direktur BNI Sekuiritas Adiyasa Suhadibroto mengatakan kupon EBA-SP Ritel dari SMF bahwa investor akan mendapat pembayaran kupon bunga setiap 3 bulan.

"Produk EBA-SP Ritel dari SMF dengan kupon 8,6 persen per tahun adalah investasi fixed income yang sangat menarik dan aman, dan saat ini hanya dijual melalui BNI Sekuritas. Investor EBA Ritel SMF akan mendapat pembayaran kupon bunga setiap 3 bulan dan apabila membutuhkan dana dapat menjual kembali EBA-SP Ritelnya sewaktu-waktu," ujar Adiyasa.

Lebih lanjut, Adiyasi mengungkapkan untuk mempermudah investor investasi EBA-SP Ritel ini bulan Oktober 2018 akan diluncurkan aplikasi versi mobile.

"Kami persiapkan versi mobile, mungkin setelah bulan Oktober 2018 launching," tambah Adiyasa.

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan hingga saat ini terdapat 14 seri EBA di bursa dengan total Rp 9 triliun.

"Saat ini ada 14 seri EBA di bursa dengan total Rp 9 triliun. Semoga instrumen EBA semakin banyak berkembang ke depan," ujar dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/02/122837426/investor-ritel-bisa-beli-efek-beragun-aset-hanya-dengan-rp-100000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke