Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Usaha Pupuk Indonesia dan Pindad Produksi Mesin Minyak Goreng Higienis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rekayasa Engineering yang merupakan anak usaha PT Rekayasa Industri menyepakati kerja sama produksi mesin minyak goreng higienis dengan PT Pindad (Persero).

Adapun Rekayasa Industri merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Mesin tersebut dinamakan Filling Machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-o)

Kerja sama ini adalah sinergi BUMN untuk melahirkan mesin yang dirancang  untuk menjaga higienitas minyak goreng eceran dan mereduksi pemakaian kantong plastik. Mesin ini juga dapat membantu meningkatkan marjin pedagang eceran.

Konsep desain awal AMH-o dibuat oleh Rekayasa Engineering dan disempurnakan Pindad yang berpengalaman dalam membuat peralatan nonmiliter melalui Divisi Produk Industrial.

AMH-o dibuat untuk memenuhi Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 9/M-DAG/PER/2/2016 yang mewajibkan peredaran minyak goreng curah menggunakan kantong kemasan sederhana.

Sistem kerja AMH-o adalah menyalurkan minyak goreng dalam jeriken ukuran 18 atau 25 liter ke kantong kemasan dengan kapasitas yang lebih kecil melalui filling oil system yang terdiri dari pompa, pipa fleksibel, katup solenoid dan flow meter.

AMH-o dapat menyalurkan minyak goreng dalam beberapa takaran mulai dari 250, 500 sampai 1.000 mililiter.

"AMH-o ditargetkan launching dalam waktu dekat di Bandung dan akan mengundang Menteri Perdagangan Republik Indonesia serta puluhan perwakilan Produsen minyak goreng di Indonesia", ungkap Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha Rekayasa Engineering Edy Sutrisman dalam pernyataannya, Jumat (17/8/2018).

Lebih jauh, target produksi AMH-o dalam 3 tahun pertama berjumlah 9.000 unit tahun ini. Kemudian pada tahun 2019, produksi ditingkatkan menjadi 33.000 unit dan 42.000 unit pada tahun 2020.

Distribusi penjualan AMH-o akan dilakukan secara nasional dan menjangkau pelosok negeri, sehingga membantu masyarakat secara nasional dalam memenuhi kebutuhan minyak goreng yang lebih higienis.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/17/213854926/anak-usaha-pupuk-indonesia-dan-pindad-produksi-mesin-minyak-goreng-higienis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke