Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel Luncurkan Teknologi Pendeteksi Ikan untuk Kapal Nelayan

VP Sales dan Marketing Area Jawa Bali PT Telkomsel Selular, Ericson Sibagariang mengatakan, peluncuran teknologi itu sebagai upaya untuk mendigitalisasi sektor kapal perikanan.

"Ini menjadi awal kita untuk mengimplementasikan dan kita terbuka untuk mengembangkan layanan ini supaya lebih efektif," katanya di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang bagian selatan, Senin (27/8/2018).

Dia mengatakan, dengan adanya teknologi itu, nelayan bisa terbantu dalam banyak hal. Salah satunya adalah menentukan lokasi untuk menangkap ikan.

Para nelayan tidak lagi harus mencari keberadaan ikan. Sebab melalui teknologi itu, keberadaan ikan sudah diketahui. Sehingga kapal nelayan tinggal menuju ke lokasi keberadaan ikan dan melakukan penangkapan.

"Mencari ikan ternyata sudah ada petunjuk digitalnya. Mudah - mudahan sekali lagi layanan ini bermanfaat bagi semuanya," katanya.

Direktur Utama PT Sisfo Indonesia, Nirwan Harahap mengatakan teknologi itu memiliki berbagai fitur untuk membantu kerja nelayan di tengah laut. Selain untuk mendeteksi keberadaan ikan dan panic button, teknologi itu juga menyediakan layanan komunikasi antar kapal.

Selain itu, juga ada fitur tracking untuk memonitor posisi dan pergerakan kapal, fitur log book yang memungkinkan nelayan bisa melaporkan posisi kapal dan hasil tangkapan dan weather information untuk memberikan informasi perkiraan cuaca.

"Potensi laut ini sangat luar biasa. Sudah kodratnya jadi bangsa bahari. Kita harus benar - benar mengupayakan supaya seluruh ekosistem yang ada di laut, kita juara," jelasnya.

Ketua Paguyuban Nelayan Rukun Jaya, Umar Hasan menyampaikan, teknologi itu mampu membantu aktivitas nelayan di tengah laut.

"Berguna untuk nelayan laut. Disini kan fenomena alamnya kan gelombang tinggi. Kalau terjadi sesuatu di laut cepat dievakuasi," katanya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/28/103800826/telkomsel-luncurkan-teknologi-pendeteksi-ikan-untuk-kapal-nelayan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke