Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Rating BBB dari Fitch Tegaskan Indonesia Layak Investasi

Rating ini diberikan Fitch pada Minggu (2/9/2018) kemarin, sekaligus sebagai peneguhan Indonesia sebagai negara yang layak investasi.

"Afirmasi rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil merupakan cerminan keyakinan lembaga rating atas perekonomian Indonesia. Komitmen yang kuat dalam menjaga stabilitas dan memperkuat ketahanan ekonomi di tengah ketidakpastian global yang terus berlanjut mencerminkan kebijakan otoritas yang kredibel," kata Gubernur BI Perry Warjiyo seperti dikutip dari laman resmi, Senin (3/9/2018).

Menurut Perry, Fitch memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia dan beban utang pemerintah ada pada level yang lebih baik dibanding negara lain yang sekawasan.

Fitch memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat jadi 5,2 persen pada 2019 dan 5,3 persen di tahun 2020, di mana untuk tahun ini diproyeksi pertumbuhan ekonomi mencapai 5,1 persen terhadap PDB (Produk Domestik Bruto).

Selain itu, Fitch juga menilai otoritas dari pemerintah maupun BI dan lembaga terkait akan tetap mempertahankan stabilitas makroekonomi, meski memasuki tahun politik. Fitch juga menyatakan tidak menemui indikasi perubahan kebijakan ekonomi yang signifikan menjelang Pilpres 2019.

"Ke depan, koordinasi antarotoritas dalam rangka implementasi bauran kebijakan, termasuk upaya perbaikan defisit transaksi berjalan, akan terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi," tutur Perry.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/171242326/bi-rating-bbb-dari-fitch-tegaskan-indonesia-layak-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke