Salin Artikel

Mudahkan Investasi Properti, BTN Luncurkan Indeks Harga Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merilis indeks harga rumah atau House Price Index (HPI). Indeks ini bisa dijadikan acuan bagi para pemangku kepentingan di bidang properti dalam berinvestasi.

“Ini bisa dijadikan gambaran untuk menilai harga rumah yang cukup fluktuatif. Data dalam indeks ini semoga bisa mengurangi campur tangan faktor-faktor harga kenaikan properti yang tidak bertanggung jawab,” ujar Direktur Utama BTN Maryono saat peluncuran BTN HPI di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

BTN HPI adalah indeks yang memaparkan perubahan harga rumah yang dibeli oleh konsumen. HPI diracik tim riset Housing Finance Center (HFC) BTN.

Indeks ini memberikan gambaran yang lebih rinci mengenai tren pertumbuhan harga rumah, akurat dengan metode matched sales menggunakan data penyaluran KPR BTN di seluruh wilayah di Indonesia.

"Kami menyajikan HPI yang sesuai dengan kondisi riil di lapangan. Data ini dapat dimanfaatkan baik untuk pemerintah, pengembang, perbankan hingga masyarakat di Indonesia,” tutur Maryono.

Dia memaparkan, dari pemerintah bisa dijadikan dasar untuk meramu kebijakan di sektor properti ke depan. Para pengembang pun bisa menentukan pengembangan tipe perumahan yang tepat dan harga yang sesuai dengan harga pasar.

HPI juga bisa dimanfaatkan perbankan untuk menambah informasi terkait penyaluran KPR, sementara masyarakat sebagai konsumen bisa mendapatkan informasi yang valid mengenai harga rumah.

Sebelumnya, BTN pernah merilis indeks yang hampir serupa tahun 2015 lalu. Indeks yang dikeluarkan tahun ini adalah penyempurnaan dari indeks sebelumnya.

“Hasilnya BTN HPI memperlihatkan tren pertumbuhan harga rumah yang secara gradual terus naik dengan menghitung pertumbuhan harga rumah dengan kualitas tinggi maupun kualitas rendah berbeda dengan HPI sebelumnya yang cenderung fluktuatif,” kata Maryono.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/13/125000926/mudahkan-investasi-properti-btn-luncurkan-indeks-harga-rumah

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.