Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Pertemuan IMF-Bank Dunia, Pertumbuhan Ekonomi Bali Diproyeksikan Naik Jadi 6,54 Persen

"Jika tanpa acara IMF-Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Bali diproyeksi sebesar 5,9 persen secara keseluruhan sampai akhir tahun ini. Sehingga, dorongan dari Pertemuan Tahunan terhadap pertumbuhan ekonomi Bali sebesar 0,64 persen," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Senin (17/9/2018).

Bambang merinci, tambahan pertumbuhan ekonomi dari Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia sebesar 0,64 persen terdiri dari pendapatan sektor hotel sebesar 0,12 persen, konstruksi sebesar 0,26 persen, makanan dan minuman 0,05 persen, serta lain-lain sebesar 0,21 persen. Momentum ini sekaligus menjadi perbaikan terhadap perekonomian Bali yang sempat melambat tahun 2017 akibat dampak letusan Gunung Agung.

"Pertemuan IMF-Bank Dunia juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan ekspor jasa di Provinsi Bali jadi lebih tinggi, di mana kuartal pertama dan kedua tahun ini ekspor barang dan jasa dari Bali memang agak turun," tutur Bambang.

Dari catatan Bappenas, pertumbuhan ekonomi Bali pada 2017 sebesar 5,59 persen sebagai dampak turunnya jumlah wisatawan mancanegara dan ekspor barang serta jasa. Raihan pertumbuhan ekonomi tahun lalu termasuk kecil, karena dibanding tahun-tahun sebelumnya pertumbuhan ekonomi Bali selalu di atas 6 persen.

Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perhelatan Pertemuan Tahunan juga akan menaikkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Riil sebesar Rp 1,2 triliun. Tambahan PDRB Riil ini disumbang dari tahapan penyiapan infrastruktur, pengeluaran wisatawan nusantara dan mancanegara, serta penyelenggaraan pertemuan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bali I Wayan Koster memastikan pihaknya akan mendukung penuh perhelatan tersebut yang akan digelar dari tanggal 8 sampai 14 Oktober 2018. Selain dari sisi persiapan fisik, Koster juga menjanjikan untuk mendukung dari segi spiritualitas.

"Kami akan dukung penuh keamanan sampai dari segi spiritual, aspek-aspek yang tidak kelihatan, supaya acara bisa berlangsung dengan lancar," ujar Koster.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/17/135517726/ada-pertemuan-imf-bank-dunia-pertumbuhan-ekonomi-bali-diproyeksikan-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke