Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengelola Terminal dan Rest Area Diimbau Sediakan Tempat Istirahat Layak Bagi Sopir

Pasalnya, selama ini tempat istirahat mereka dinilai tak layak lantaran berada di dalam bagasi bus atau bahkan di dalam bus atau truk itu sendiri.

"Pokoknya semua terminal kita sarankan untuk menyediakannya tempat yang layak untuk supir beristirahat, baik barang dan penumpang," kata Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Mohamad Risal Wasal, di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Menurut Risal, tak perlu tempat yang mewah, tetapi nyaman dan memiliki tempat tidur yang bisa digunakan para sopir tersebut.

Adapun alasan atas himbauan tersebut adalah untuk mengurangi jumlah kecelakaan bus dan truk yang disebabkan oleh mengantuknya para sopir.

Risal pun menjelaskan bahwa saat ini Kemenhub sedang mempersiapkan model tempat peristirahatan bagi para sopir yang dibuat di rest area di kawasan Tangerang.

"Kami akan membuat percontohan bagaimana rest area yang ada tempat peristirahtan untuk kendaraan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan tidak B3 akan kita pisahkan karena berisiko," jelas dia.

Lebih lanjut Risal mengatakan, sampai saat ini masih ada beberapa kendala dalam penerapan rencana tersebut. Kendala itu di antaranya bangunan terminal yang belum mendukung.

Selain itu, para sopir juga masih lebih memilih istirahat di bagasi bus dibandingkan di tempat peristirahatan.

"Kita perbaiki dulu terminal dan kita siapkan fasilitas dengan benar, beberapa terminal masih belum laku dan harus sepakat dengan sopir karena ini kan kelasnya mau dinaikkan ya. Kadang-kadang sopir gak mau," ujar Risal.

Untuk saat ini, baru ada beberapa terminal yang mempunyai tempat peristirahatan bagi para sopir, yakni di Terminal Pondok Cabe, Terminal Jatijajar, dan Terminal Pulogebang.

"Nantinya, untuk persyaratan di semua terminal, bus antar kota antar provinsi (AKAP) menyediakan tempat istirahat," pungkas Risal.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/21/200700126/pengelola-terminal-dan-rest-area-diimbau-sediakan-tempat-istirahat-layak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke