BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Schneider
Salin Artikel

Melihat Pabrik Mini Pembuat Makanan Ringan…

Indonesia pun telah mencanangkan agenda nasional Making Indonesia 4.0 guna memenangkan persaingan industri skala internasional.

Paling tidak lima sektor telah dijadikan fokus pengembangan, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronik, serta kimia.

Terkhusus industri makanan dan minuman, Kompas.com berkesempatan menengok kesiapan salah satu pelaku industri dalam menyukseskan Making Indonesia 4.0.

Di sela-sela Innovation Summit Asia 2018, Jumat (21/9/2018), di Singapura, Schneider Electric Indonesia mengenalkan teknologi pengemasan makanan berteknologi EcoStruxure Machine Advisor.

Vice President Industry Business Schneider Electric Indonesia Christophe Avrain menjelaskan, teknologi itu mampu melacak, memantau, bahkan memperbaiki mesin pengemasan makanan dari jarak jauh.

“Proses pengemasan makanan ini bisa berjalan secara otomatis. Nah, tinggal bagaimana kita mengontrolnya agar proses produksi terus berlangsung lancar. Itu bisa dilakukan bahkan melalui ponsel kita,” urai Christophe kepada Kompas.com.

Selain memudahkan proses produksi, lanjut Christophe, aplikasi pengontrol juga mampu mendeteksi menipisnya bahan baku serta memberi laporan berapa total produksi secara real-time.

“Teknologi semacam ini tentunya memudahkan proses produksi makanan dan minuman. Prosesnya pun jadi lebih optimal dibandingkan manual,” tuturnya.

Sekadar informasi, EcoStruxure Machine Advisor hanyalah satu dari sekian teknologi baru yang dikenalkan Schneider Electric pada Innovation Summit Asia 2018.

Pada area pameran seluas lebih dari 3.000 meter persegi, mereka menampilkan bentuk EcoStruxure lainnya untuk mendukung industri manufaktur.

Chairman and Chief Executive Officer Schneider Electric Jean-Pascal Tricoire dalam sambutan utamanya mengatakan, dunia terus mengalami digitalisasi.

“Di situlah, tercipta peluang untuk masa depan kehidupan lebih baik,” kata Jean.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/27/090000626/melihat-pabrik-mini-pembuat-makanan-ringan

Terkini Lainnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke