Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangun Destinasi Wisata Tak Cuma Soal Infrastruktur

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah hiruk pikuk pembangunan infrastruktur, salah satu yang dibangun yakni di sektor pariwisata. Apalagi ada 10 destinasi wisata yang digadang-gadang sebagai "the new Bali".

Namun, tak hanya soal infrastruktur yang jadi hal krusial dalam membangun destinasi wisata. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, selain membangun sesuatu yang punya nilai jual, ada beberapa aspek penunjang lain yang tak kalah penting.

"Kalau membangun destinasi pariwisata itu harus dibangin secara besar-besaran, mulai infrastruktur, produk, pertunjukan, sumber daya alam, atau supporting-nya seperti hotel dan homestay-nya," ujar Darmin saat menjadi pembicara di acara Rakornas Pariwisata III di Hotel Rafles, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Tujuan dibentuknya destinasi wisata yakni menumbuhkan perekonomian di daerah tersebut. Oleh karena itu, perlu juga dibangun berbagai usaha penunjang seperti agen perjalanan wisata, penyediaan makanan dan minuman, jasa informasi wisata, hingga sanggar seni.

Wisatawan biasanya gemar membawa buah tangan begitu kembali ke tempat asalnya. Oleh karena itu, perlu juga dikembangkan industri kerajinan dan pusat oleh-oleh.

"Destinasi pariwisata pasti perlu investasi yang lebih sistematis mulai infrastruktur, atraksi, sampai aksesibilitas," kata Darmin.

Selain itu, harus diperhatikan juga kemudahan akses menjangkau destinasi. Jika lokasinya mudah diakses, maka semakin banyak wisatawan yang berminat.

Hal penting lainnya yang kerap diabaikan yakni soal kebersihan. Masih ada beberapa tempat wisata yang membuat wisatawan ogah berkunjung lagi ke sana karena kurang terurus dan tidak bersih.

Misalnya, di area toilet yang merupakan hal krusial. Di samping itu masalah air bersih juga menjadi salah satu isu penting di destinasi wisata.

"Kalau daerahnya kebersihannya tidak terpelihra denga baik, air bersih tidak ada, tidak bisa menikmati daerah tersebut dengan nyaman karena soal kebersihan," kata Darmin.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/27/133323926/bangun-destinasi-wisata-tak-cuma-soal-infrastruktur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke