Salin Artikel

Landasan Pacu Bandara Palu Rusak 400 Meter

"Panjang landas pacu normal adalah 2.400 meter dan yang rusak 400 meter sehingga untuk sementara belum bisa didarati pesawat komersial berbadan besar, tapi hanya bisa didarati pesawat jenis ATR," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada pers di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Menhub, saat ini bandara di Palu masih tutup dari penerbangan komersial karena selain landas pacu rusak, menara pengatur lalu lintas udara (ATC) juga rusak sehingga sistem navigasi tak berfungsi.

Meskipun bandara ditutup, namun bandara bisa dioperasikan terbatas khusus pesawat Hercules untuk membawa bantuan dan perlengkapan teknis.

"Siang ini saya bersama Panglima TNI akan ke lokasi bencana untuk memantau langsung kerusakan yang dialami," kata Menhub Budi.

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan akan berupaya untuk memperbaiki instalasi navigasi di Bandara Mutiara sehingga diharapkan dalam waktu dekat bisa dioperasikan kembali, walaupun sementara didarati pesawat kecil jenis ATR.

Peralatan sistem navigasi, katanya, sedang diangkut dari Makassar dan diupayakan bisa segera terpasang di bandara Palu.

"Semoga sore ini sistem navigasi bisa berfungsi dan bandara bisa berfungsi lagi," kata Menhub.

Bandara Mutiara Sis Al Jufri yang terletak di Palu Selatan, Sulawesi Tengah ditutup akibat gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 19.02 WITA.

Penutupan bandara yang dilakukan berdasarkan Notam Nomor H0737/18 berlaku hingga estimasi Sabtu (29/9) pukul 19.20 WITA.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/29/103302026/landasan-pacu-bandara-palu-rusak-400-meter

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.