Salin Artikel

AirNav Buka Bandara Palu untuk Pesawat Hercules dan ATR

"AirNav Indonesia telah menerbitkan Notam terbaru yang membuka kembali penerbangan di Bandara Mutiara SiS Al-Jufri, Palu. Pembukaan bandara ini bersifat khusus hanya untuk emergency, SAR dan kemanusiaan," kata Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto dalam pernyataan resminya, Sabtu (29/9/2018).

Airnav juga menyatakan bahwa runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufri yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari total 2.250 meter.

Pasalnya, 250 meter sisanya mengalami keretakan cukup parah akibat guncangan gempa kemarin.

"Itu artinya untuk pesawat Hercules dan ATR masih aman untuk dapat mendarat di runway tersebut. Layanan navigasi penerbangan yang kami berikan dapat berjalan dengan baik,” imbuh Novie.

Adapun layanan navigasi dilakukan dengan prosedur VFR atau Visual Flight Rules.

Di sisi lain, Novie juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim personel tambahan untuk memberikan layanan navigasi penerbangan di Palu.

AirNav Indonesia, kata Novie, telah memberangkatkan personel dari Kantor Cabang Makassar keperluan tersebut. Personel yang diberangkatkan adalah sebanyak 11 orang yang terdiri dari lima personel ATC, empat ersonel teknik telekomunikasi, satu personel teknik listrik, dan satu personel ARO. Tim dari Makassar juga membawa genset dan bahan bakar.

"Mereka yang dikirim kami utamakan yang familiar dan pernah berdinas di Bandara Palu. Selain itu, beberapa peralatan seperti mobile tower dan genset juga kami kirimkan agar layanan navigasi penerbangan dapat diberikan secara optimal dan arus bantuan kemanusiaan dapat berjalan berjalan dengan lancar,” pungkas Novie.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/29/130553826/airnav-buka-bandara-palu-untuk-pesawat-hercules-dan-atr

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.