Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tips dari Investor Asing untuk Percepat Pertumbuhan Pariwisata

Malki merupakan pengusaha real estate yang telah berinvestasi untuk pembangunan resort dan pengolahan air bersih di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Direct flight sangat efektif meningkatkan jumlah kunjungan turis mancanegara ke suatu wilayah. Ke depan, akan banyak penerbangan langsung juga menuju Lombok," kata Malki saat berbincang dengan pewarta di sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia, Hotel Conrad, Tanjung Benoa, Selasa (9/10/2018).

Penilaian Malki sejalan dengan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya, yang menyatakan ada lonjakan turis mancanegara asal China ke Manado. Lonjakan turis asing salah satunya didorong oleh adanya rute penerbangan langsung dari China ke Manado.

Sejalan dengan itu, pembangunan infrastruktur pendukung lainnya dinilai tidak kalah penting, seperti pembangunan resort, hotel, hingga kawasan pendukung lainnya.

Menurut Malki, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah menunjukkan keseriusan dalam membangun infrastruktur untuk mendukung kemajuan di sektor pariwisata.

"Pemerintah memahami hal ini dan membuat kami jadi percaya diri (untuk berinvestasi)," tutur Malki.

Lebih luas lagi, kunci penting agar investasi bisa masuk ke suatu negara menurut Malki adalah stabilitas politik serta transparansi jalannya pemerintahan.

Selain itu, komitmen terhadap pariwisata yang dinampakkan melalui berbagai kebijakan dan keputusan juga jadi faktor penting guna meyakinkan investor untuk masuk sektor tersebut.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/10/084600426/ini-tips-dari-investor-asing-untuk-percepat-pertumbuhan-pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke