Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Defisit Anggaran Amerika Capai 779 Miliar Dollar AS, Tertinggi Sejak 2012

Dikutip dari CNN, angka ini adalah yang tertinggi sejak tahun 2012, ketika negara adidaya tersebut membutuhkan banyak dana sebagai stimulus ekonomi yang sedang berada pada tahap pemulihan.

Sementara, penerimaan pemerintah tahun ini cenderung stagnan. Penerimaan yang berasal dari pajak korporasi turun 76 miliar dollar AS, atau 22 persen lantaran kebijakan pemerintah untuk memotong pajak. Akan tetapi turunnya penerimaan pajak korporasi diimbangi dengan meningkatnya penerimaan pajak individual.

Pengeluaran pemerintah pun meningkat 3 persen dibanding tahun sebelumnya, sebagian didorong oleh peningkatan anggaran pertahanan yang disepakati pada September 2017 sebagai bagian dari kesepakatan antara Partai Republik dan Demokrat untuk menghindari penghentian pemerintahan. Jaminan sosial serta bunga dari utang pemerintah juga menjadi faktor meningkatnya pengeluaran pemerintah tahun ini.

Committee for a Responsible Federal Budget, organisasi non profit setempat yang mengawasi isu fiskal dan keuangan pemerintah memerkirakan defisit tahun depan bahkan bisa mencapai 1 triliun dollar AS.

Angka tersebut memang masih lebih rendah dari defisit tahun 2009 yang mencapai 1,4 triliun dollar AS namun dalam kondisi ekonomi yang berbeda.

"Anggota kongres yang terpilih tahun ini akan menghadapi pilihan yang sulit untuk menurunkan utang dan melindungi berbagai program sosial nasional dari kebangkrutan. Ini bukan lagi masalah di masa depan," ujar pimpinan organisasi tersebut Maya MacGuineas.

Sementara di sisi lain, Gedung Putih tetap bersikukuh akan memotong lebih banyak anggaran program sosial untuk mengimbangi peningkatan anggaran militer.

Angka defisit ini sejalan dengan proyeksi awal bulan Congressional Budget Office (CBO), pencatat resmi kebijakan fiskal pemerintah federal. Pada bulan Juni, CBO memproyeksikan bahwa defisit akan meningkat menjadi 9,5 persen dari PDB pada 2048.

Juga pada bulan Juni, utang federal - yang mengumpulkan defisit tahunan dari waktu ke waktu - mencapai 78 persen dari produk domestik bruto, angkat tertinggi tepat setelah Perang Dunia II.

Di sisi lain, ketika suku bunga naik, pemerintah juga harus menghadapi tingkat utang yang membengkak. Departemen Keuangan tahun lalu telah menghabisnkan 522 miliar dollar AS hanya untuk membayarkan bunga utang saja, angka tersebut meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/16/113400226/defisit-anggaran-amerika-capai-779-miliar-dollar-as-tertinggi-sejak-2012

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke