Salin Artikel

Didorong Kenaikan Harga BBM Non Subsidi, Oktober Inflasi 0,12 Persen

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, dibanding dengan dua bulan sebelumnya yang mengalami deflasi, pada bulan Oktober ini terjadi inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak dan cabai merah.

"Itu memang pendorong utamanya adalah harga BBM non subsidi dan cabai merah," ujar dia ketika ditemui awak media di kawasan Bank Indonesia, Jumat (19/10/2018).

Sehingga secara tahunan, posisi inflasi hingga Oktober berada pada kisaran 3 persen. Perry menjelasksan, hingga akhir tahun, inflasi akan sesuai target 3,5 plus minus 1 persen. Sebab, beberapa komponen inflasi seperti inflasi inti, administered prices serta harga pangan terpantau rendah.

Bahkan beberapa komoditas seperti bawang merah dan daging ayam ras masih mengalami deflasi.

"Benar bahwa ini menunjukkan inflasi itu tetap rendah dan terkendali, sehingga itu mengonfirmasi perkiraan kita sebelumnya bahwa di akhir tahun inflasi secara keseluruhan untuk tahun 2018 akan berada di bawah 3,5 persen," jelas dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/19/141656226/didorong-kenaikan-harga-bbm-non-subsidi-oktober-inflasi-012-persen

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.