Salin Artikel

OJK Minta Masyarakat Waspada dan Teliti Pilih Fintech

Atas dasar itu, Tirta meminta masyarakat waspada terhadap tawaran fasilitas pinjaman yang diberikan fintech. Sebaiknya masyarakat menghubungi call center OJK untuk mengetahui apakah fintech tersebut sudah terdaftar atau belum.

"Ada fintech yang terdaftar ada yang belum, itu yang kita warning, hati-hati. Kalau dapat penawaran (dari fintech) coba telepon ke 157," ujar Tirta di Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Tirta menambahkan, sejauh ini baru ada 72 fintech yang berada di bawah pengawasan dari OJK. Dia pun meminta masyarakat waspada jika mendapat penawaran dari fintech yang belum terdaftar di OJK.

Ia menjelaskan, fintech berbeda dengan perbankan. Perbankan memiliki Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk melindungi nasabah, sedangan fintech belum memiliki lembaga perlindungan untuk nasabahnya.

"Kalau di bank ada jaminan dari LPS kalau di fintech belum ada fasilitas penjamin. Jadi yang penting pemilik uang itu harus tahu risiko, jangan sampai dia hanya tahu benefit-nya saja," kata Tirta.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/28/161405026/ojk-minta-masyarakat-waspada-dan-teliti-pilih-fintech

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.