Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Terbaru Lion Air JT 610, dari Identifikasi hingga Roda Pesawat

Hingga Jumat malam, operasi pencarian korban dan pesawat yang jatuh di perairan Tanjung Karawang itu sudah menunjukkan berbagai hasil.

Berikut beberapa fakta terbarunya:

1. Sudah 4 korban teridentifikasi

Dengan begitu, jumlah korban yang telah teridentifikasi berjumlah 4 orang. Sebelumnya, tim DVI Polri sudah mengidentifikasi satu korban bernama Jannatun Cintya Dewi.

Pesawat Lion Air JT 610 itu membawa 181 penumpang dan 8 awak saat jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018).

2. Sinyal CVR belum ditemukan

Sejak Jumat sore, tim dari KNKT Indonesia, Singapura, dan tim ahli dari Boeing Amerika mencoba untuk menelusuri kawasan yang diduga sebagai lokasi CVR.

Lokasi tersebut berada di titik yang sama dengan penemuan flight data recorder (FDR), Kamis (1/11/2018) kemarin. Namun, hasilnya masih nihil.

3. Kendala lumpur

Diduga, CVR tenggelam di dasar laut yang berlumpur sehingga menyulitkan pencarian.

Kepala Balai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) M Ilyas mengatakan, lumpur yang cukup tinggi mengakibatkan sinyal CVR jadi lemah dan sulit dideteksi.

4. Mesin pesawat

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada (Koarmada) Letkol Laut Agung Nugroho mesin pesawat ditemukan oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut.

Bagian mesin pesawat yang ditemukan itu berukuran sekitar 3 meter. Kendati demikian, Agung tidak menyebutkan secara rinci lokasi penemuan bagian dari mesin pesawat itu.


5. Roda pesawat

Roda Pesawat ditemukan oleh tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada I (Koarmada) pada Jumat (2/11/2018).

Panglima Koarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, roda pesawat itu ditemukan pada jarak 400 meter dari titik koordinat prediksi awal jatuhnya pesawat pada Senin lalu.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/03/103100226/5-fakta-terbaru-lion-air-jt-610-dari-identifikasi-hingga-roda-pesawat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke