Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Michael Bloomberg Sumbang 1,8 Miliar Dollar AS ke Almamaternya

Menurut siaran pers Bloomberg Philanthropies, dana tersebut akan digunakan secara eksklusif untuk memenuhi kebutuhan keuangan universitas yang juga merupakan almamater Bloomberg itu.

“Seharusnya tidak ada siswa SMA yang memang memenuhi syarat, dilarang masuk ke perguruan tinggi karena faktor keuangan keluarganya,”  ujar dia.

Sebelumnya, Bloomberg telah memberikan 6,4 miliar dollar AS untuk amal, termasuk 1,5 miliar dollar AS untuk Johns Hopkins.

Dilansir Forbes, Senin (19/11/20118), dia menerima nilai tertinggi terhadap sistem penilaian filantropi perdana Forbes, yang diterbitkan sebagai bagian dari The Forbes 400 pada bulan Oktober.

Berdasarkan peringkat miliarder real-time Forbes, kekayaan Bloomberg mencapai 46,3 miliar dollar AS. Dia adalah orang terkaya ke-14 di dunia.

Sebagian besar kekayaannya berasal dari 88 persen sahamnya yang tersebat di firma keuangan dan raksasa media Bloomberg LP.

Dia mendirikan bisnis pada tahun 1981 dengan Thomas Secunda, Duncan MacMillan dan Charles Zegar setelah dipecat di Salomon Brothers.

Saat ini Bloomberg LP sendiri menghasilkan lebih dari 9 miliar dollar AS per tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bloomberg telah menggunakan kekayaannya baik untuk tujuan filantropis maupun politik. Bloomberg sebelumnya mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden Independen. Banyak komentator politik mengira dia mungkin mencalonkan diri dari partai Demokrat pada 2020.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/19/070700826/michael-bloomberg-sumbang-1-8-miliar-dollar-as-ke-almamaternya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke