Salin Artikel

2019, Pelindo I Butuh Rp 4 Triliun untuk Pengembangan Pelabuhan

"Ini masih estimasi, untuk tahun depan kemungkinan kita akan perlukan Rp 4 triliun itu konsolidasi Pelindo I," ujar Direktur Utama Pelindo I Bambang Eko Cahyana di Jakarta, Senin (19/11/2018).

Untuk 2019, ada beberapa projek yang ditugaskan pemerintah ke Pelindo I untuk pengembangan kawasan industri. Salah satunya pengembangan Terminal Pelabuhan Kuala Tanjung tahap II di Sumatera Utara.

"Secara total dua tahun selesai (2018 dan 2019) butuh Rp 11 triliun," kata Bambang.

Selain itu, pemerintah juga menugaskan Pelindo I untuk pengembangan terminal Pelabuhan Batu Ampar yang nilai total projeknya diperkirakan 300 juta dollar AS atau Rp 4,5 triliun.

Pelindo I baru saja mendapat suntikan dana dari sindikasi 3 bank, yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI sebesar Rp 1,3 triliun. Dana tersebut akan digunakan Pelindo I untuk membeli crane di terminal petikemas, RTG, dan juga penataan terminal penumpang di Sibolga.

Sebelumnya Pelindo I telah mendapat pinjaman Rp 1 triliun. Bambang mengatakan, pencairan pinjaman dilakukan bertahap menyesuaikan kebutuhan saat itu karena langsung terserap.

"Yang ditandatangani hari ini untuk proyek yang selesai akhir 2018 dan kuartal I 2019," kata Bambang.

Selain itu, anak usaha Pelindo I, PT Prima Multi Terminal mendapat kredit investasi dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero sebesar Rp 479 miliar. Dengan adanya suntikan tambahan, maka pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung dan fasilitasnya dapat diselesaikan. Hingga saat ini, perkembangan pembangunannya sudah 99 persen. Rencananya, mereka akan melakuan soft launching pada awal Desember 2018 dan beroperasi penuh pada Februari 2019.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/19/130557326/2019-pelindo-i-butuh-rp-4-triliun-untuk-pengembangan-pelabuhan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.