Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Strategi Pertamina Tekan Impor LPG

Menjawab tantangan itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengaku telah menyiapkan strategi untuk mengurangi impor. Salah satunya adalah mengurangi impor LPG.

Nicke mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk mengembangkan gasifikasi batu bara di Mulut Tambang batu bara Peranap, Riau untuk menjadi dimethylether (DME) dan syntheticnatural gas (SNG).

"Itu untuk mengganti LPG, sebagian LPG kita ganti sehingga itu bisa menurunkan impor," ujar Nicke usai menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Ke-9 di Jakarta Convention Center, Selasa (27/11/2018).

Nicke berkeyakinan pengembangan ini bisa menurunkan impor LPG sekitar 70 persen. Atas dasar itu, dia berharap pembangunan pabrik gasifikasi ini bisa segera terlaksana.

"Jadi Insyaallah awal tahun sudah mulai perencanaan proyeknya, karena kemarin kan sudah menentukan teknologi yang akan digunakan," kata Nicke.

Pabrik gasifikasi di Peranap ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada tahun 2022. Pabrik ini sendiri diperkirakan mampu menghasilkan 400 ribu ton DME per tahun, dan 50 mmscfd SNG.

PT Pertamina (Persero) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) resmi menjalin kerja sama strategis dalam hal pengembangan produk batu bara dengan Air Products and Chemicals Inc. Perusahaan berbasis di Amerika Serikat (AS) ini pada tahun 2018 mengakuisisi paten/teknologi gasifikasi batu bara Shell.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan di Allentown, AS pada Rabu (7/11/2018) waktu setempat. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Chairman, President & CEO Air Products Seifi Ghasemi, juga disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/27/220000126/ini-strategi-pertamina-tekan-impor-lpg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke