Salin Artikel

China-Argentina Sepakati "Currency Swap" Senilai 9 Miliar Dollar AS

Berjuang untuk pulih setelah krisis mata uang awal tahun ini, ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin itu meminta bantuan Dana Moneter Internasional (IMF) yang menyetujui paket pinjaman sebesar 56 miliar dollar AS.

"Sekarang, perjanjian terbaru ini akan bisa berkontribusi pada stabilitas keuangan yang lebih besar dan juga memfasilitasi perdagangan antara China dan Argentina," tulis keterangan resmi Bank Sentral Argentina yang dilansir dari Channel News Asia, Senin (3/12/2018).

Dengan kesepakatan itu, kedua negara setuju untuk menukar sejumlah mata uang asing pada tingkat yang ditentukan sebelumnya. Hal ini untuk melindungi terhadap fluktuasi. Kemudian, Bank Sentral Argentina juga akan dapat menarik dana ini dalam keadaan darurat.

Kesepakatan itu terjadi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Buenos Aires, Aragentina, ketika Presiden China Xi Jinping diterima oleh Mauricio Macri untuk kunjungan kenegaraan.

Secara total, kedua negara menandatangani 30 perjanjian perdagangan dan keuangan.

"Kami memperluas kerja sama baik masalah ekonomi, pertanian, keuangan dan infrastruktur," kata Xi dalam konferensi pers.

Setelah Brasil, China adalah mitra dagang terbesar kedua Argentina.

Pada 2017, China mengekspor barang senilai 17 miliar dollar AS ke Argentina dan mengimpor barang 8 miliar dollar AS.

Beijing dan Buenos Aires juga menyetujui pertukaran mata uang lainnya pada tahun 2014, yang menyediakan 11 miliar dollar AS untuk cadangan keuangan Argentina.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/03/115825926/china-argentina-sepakati-currency-swap-senilai-9-miliar-dollar-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.