Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Pertemuan Trump dan Xi Tenangkan Kekhawatiran Perang Dagang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut kesepakatan Amerika Serikat dan China terkait perdagangan kedua negara.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu bahkan menilai kesepakatan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menenangkan perang dagang.

"Mereka melakukan penundaan terhadap langkah-langkah kenaikan tarif, walaupun tidak berarti apa yang sudah dilakukan tarifnya turun," ujar Sri Mulyani usai menghadiri acara CEO Networking di Jakarta, Senin (3/12/2018).

"Tapi paling tidak memberikan 3 bulan atau 90 hari bagi kedua belah pihak melihat aspek kesepakatan yang bisa menenangkan pada awal tahun 2019," sambung dia.

Sebelumnya pembicaraan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menghasilkan kesepakatan terakit perang dagang antara kedua negara ekonomi terkuat dunia tersebut.

Dikabarkan oleh CNBC, Minggu (2/12/2018) kedua pemimpin ini setuju tidak ada tarif tambahan yang akan dikenakan setelah 1 Januari 2019 mendatang.

"Gencatan senjata" kedua belah pihak ini diyakini akan meredakan kekhawatiran dunia akan terjadinya situasi perang dagang yang lebih panas pada 2019.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/03/141833226/hasil-pertemuan-trump-dan-xi-tenangkan-kekhawatiran-perang-dagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke