Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapat Bonus Akhir Tahun? Jangan Hanya untuk Bersenang-senang...

Nah, sebaiknya bonus liburan tersebut tidak hanya dihabiskan untuk foya-foya. Menurut pendiri perusahaan perencanaan keuangan Your Richest Life Katie Brewer mengatakan, sebaiknya Anda membuat perencanaan untuk uang bonus liburan ini.

Brewer mengatakan kepada Business Insider, Senin (10/12/2018), Anda harus menyisihkan 80 persen dari bonus liburan Anda untuk "dana serius" seperti menggunakannya untuk membayar utang, menambah tabungan, dan menyiapkan dana pensiun.

Sementara, 20 persen sisanya baru bisa menjadi dana untuk bersenang-senang.

"Sangat mudah untuk memikirkan selusin penggunaan untuk dana bersenang-senang Anda. Namun, untuk 80 persen dana serius ini harus dedikasikan kepada hal yang tepat," ujar Katie.

Alih-alih menganggap bonus sebagai 'uang tambahan' yang berada di luar pendapatan biasanya dan karena itu dapat digunakan secara bebas, lebih bijak jika Anda menginvestasikan bonus tersebut. Dengan demikian tidak hanya akan mengurangi stres, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih lagi.

“Jika anggaran rumah tangga Anda tertekan, hal terbaik untuk dilakukan adalah menggunakan bonus untuk mengurangi tekanan itu. Semakin sedikit Anda berutang, semakin sedikit Anda harus membayar dari gaji susah payah Anda pada akhir setiap bulan. Bahkan, menggunakan uang tambahan ini dengan bijaksana berarti Anda dapat berpikir tentang memulai rencana tabungan untuk kepentingan keluarga," ujar spesialis hukum di Standard Bank Financial Consultancy Errol Meyer.

Selain membayar tagihan dan utang dengan nominal yang lebih besar, berinvestasi juga bisa jadi pilihan.


https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/10/083400026/dapat-bonus-akhir-tahun-jangan-hanya-untuk-bersenang-senang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke