Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI: Pesantren Jangan Hanya Ngaji Fikih, tapi Juga Ngaji Sugih

"Ekonomi itu kan basisnya manusia, tidak hanya dalam konsumsi, tetapi juga produksi, karena pesantren sudah dengan sendirinya membuat jaringan silaturahim," ujar Perry ketika memberikan paparan dalam pembukaan Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/12/2018).

Selain dari segi jumlah dan ikatan komunitas, menurut Perry, keunggulan pesantren yang lain adalah tingginya daya juang pesantren sehingga berpotensi besar apabila dikombinasikan dengan kemampuan kewirausahaan, juga konsep pemberdayaan ekonomi pesantren sebagai bagian dari ibadah.

"Ya mari pesantren jangan hanya ngaji fikih, tapi juga ngaji sugih (menjadi kaya)," sebut Perry.

Perry mengatakan, pesantren-pesantren yang sudah maju diharapkan dapat menjadi mentor untuk pesantren lain yang masih dalam tahap mengembangkan unit usahanya. Dia meminta pesantren untuk mengelola pembukuan keuangan unit keuangan dengan lebih sistematis.

"Dalam pengaplikasian laporan keuangan, pesantren harus memisahkan unit usaha dengan kepemilikan pesantren, dengan pemisahan tersebut bisnis pesantren akan semakin dipercaya, orang semakin percaya," ujar Perry.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/11/120200626/gubernur-bi-pesantren-jangan-hanya-ngaji-fikih-tapi-juga-ngaji-sugih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke