Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Justru kalau Ada Pemilu Malah Barokah...

"Kalau di dalam proyeksi ekonomi kita, faktor Pemilu ada additional untuk growth. Saya lupa dampaknya, sekitar 0,3 di dalam additional growth kita. Jadi justru kalau ada pemilu malah barokah kepada kita kan," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng saat menghadiri serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Senin (14/1/2019).

Sugeng mengatakan, dorongan pertumbuhan ekonomi saat musim pemilu dipicu oleh banyaknya pesanan alat peraga kampanye dan logistik pemilu. Seperti kaos, bendera dan lainnya.

"Ada pesanan kaos, ada bendera, luar biasa itu. Logistik, pakaian menjadi nilai tambah itu. Jadi begitu ada tekanan dari luar, ada pemilu. Bisa tersanggah," sebutnya.

Oleh karena itu, Sugeng tidak khawatir ekonomi Indonesia akan anjlok meski sedang menghadapi pemilu. Apalagi Sugeng menilai pemilu di Indonesia tidak mengarah kepada hal - hal yang destruktif.

"Kalau kami melihat ya, proses politik di Indonesia itu semakin dewasa. Kita compare lah. Kalau di Pakistan lebih dari 100 meninggal. Kemudian di Meksiko malah serem lagi. Kita itu ramainya mungkin hanya di medsos saja. Setelah ketemu rilnya salam-salaman. Sudah dewasa kita itu," ucap dia.

Sugeng pub menyakini Pemilu 2019 akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

"Buktinya tahun 2018 kan ekonomi kita masih bisa tumbuh lebih dari 5 persen. Inflasinya rendah. Jarang dibanding negara-negara yang lain kan. Kita ada banyak apresiasi dari langkah-langkah kita," ungkapnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/15/101400326/bi-justru-kalau-ada-pemilu-malah-barokah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke