Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Paceklik, Pemerintah Siapkan Skema Serap Gabah dan Jagung

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mempersiapkan skema penyerapan gabah dan jagung menjelang panen raya pada pertengahan Februari hingga Mei 2019 mendatang.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, penyerapan gabah dan jagung dilakukan untuk persiapan paceklik di sekitar Oktober, di mana hasil panen dipastikan bakal lebih rendah.

Pasalnya, saat ini, Amran mengatakan di Probolinggo sudah ada 2 hingga 3 hektar (ha) lahan siap panen dengan harga jagung kering Rp 4.000 per kilogram di tingkat petani.

"Nanti panen puncak, harganya bisa lebih rendah lagi. Sehingga kita lakukan antisipasi dari sekarang," ujar Amran ketika memberikan penjelasan kepada awak media di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Selasa (22/1/2019).

Amran menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 900.000 dryer atau pengering untuk menjaga kualitas hasil panen beras dan jagung di tengah musim penghujan.

Perusahaan Umum Badan Usaha Logistik (Perum Bulog) menjadi pihak yang diberi tugas untuk menyerap hasil panen beras tersebut. Sebelumnya, Bulog memang hanya ditugaskan untuk menyerap gabah saja.

"Bulog nanti akan lakukan serapan untuk disimpan, persiapan untuk Oktober, dulu kan Bulog serapnya beras," lanjut Amran.

Keseimbangan harga saat panen dan paceklik adalah tujuan dari serap gabah dan jagung di musim panen raya ini. Sehingga, pedagang dan petani tidak dirugikan dengan harga yang terlampau rendah di musim panen atau terlampau tinggi di musim paceklik.

Melengkapi Amran, Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, jumlah jagung yang akan diserap disesuaikan dengan kebutuhan. Pihaknya akan mengelakokasikan jagung kering untuk cadangan peternak dan para pengusaha pakan.

"Untuk jaga kelangkaan harga pakan naik, kita siapkan untuk cadangannya," ujar pria yang akrab disapa Buwas tersebut.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/22/183250226/antisipasi-paceklik-pemerintah-siapkan-skema-serap-gabah-dan-jagung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke