Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Pariwisata, Rute Penerbangan Internasional Akan Dibuka di Daerah

Selain memudahkan mobilitas masyarakat, terbukanya akses penerbangan juga membawa banyak dampak, baik positif maupun negatif bagi wilayah-wilayah yang terhubung.

Untuk itulah, rute-rute penerbangan baru terus diusahakan oleh berbagai pihak untuk memperbesar kemungkinan-kemungkinan positif, misalnya di bidang pariwisata.

Hal ini pula yang diharapkan Kementerian Pariwisata dalam upaya meningkatkan potensi wisata dalam negeri di mata turis mancanegara.

Misalnya, permintaan Kamboja untuk membuka penerbangan langsung Yogyakarta – Phnom Penh dan sebaliknya. Rute ini diusulkan untuk mendukung program Twin Temple Angkor Wat di Kamboja dan Candi Borobudur di Indonesia.

Kemudian, Air Asia akan memperluas jangkauannya dengan menjadikan Lombok sebagai destinasi terbang, setelah Jakarta, Surabaya, Bali, dan Medan.

Selain itu, seperti diketahui sebelumnya maskapai LCC asal Vietnam, VietJet Air juga akan mulai melayani rute Ho Chi Min–Denpasar mulai Maret tahun ini.

Kepala Manajemen Bagian Krisis Kepariwisataan Kemenpar, Dessy Ruhati membenarkan informasi tersebut.

“Terkait rute-rute baru dari pasar Indochina seperto Ho Chi Minh-Denpasar dan Phnom Penh-Yogyakarta adalah untuk membuka direct flight destinasi Indonesia ke pasar-pasar di Indochina,” kata Dessy pada Kompas.com, Minggu (5/1/2019).

Menurut dia, selama ini wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia harus menjalani penerbangan dengan transit terlebih dahulu di Singapura ataupun Kuala Lumpur, Malaysia.

Padahal, 75 persen wisatawan asing masuk ke Indonesia menggunakan jalur udara. Rencana pembukaan rute-rute baru ini nantinya diharapkan dapat mendorong angka pertumbuhan wisman di Indonesia.

"Sehingga diharapkan akan berdampak positif pada  jumlah kunjungan wisman dari negara-negara Indochina terutama ke Bali dan Yogyakarta," kata Dessy.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/06/112028526/dorong-pariwisata-rute-penerbangan-internasional-akan-dibuka-di-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke