Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saingi Singapura, 7 Pelabuhan Ini akan Dijadikan Hub Internasional

"Jadi nanti ada tujuh hub. Ini kajiannya lagi difinalkan, jadi hub paling besar tetap Jakarta, Tanjung Priok," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhun Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Pelabuhan-pelabuhan ini direncanakan menjadi jaringan pelabuhan terpadu yang terintegrasi dengan kawasan industri. Diharapkan, dengan begitu industri dalam negeri akan semakin bergairah.

Luhut menginginkan, pelabuhan hub internasional itu bisa menyaingi Singapura. Pemerintah tengah menyiapkan insentifnya.

"Iya harus (lebih murah dari Singapura) dong. Justru itu lagi dikaji detil sama mereka, Bappenas. Nanti kita lihat dalam beberapa waktu ke depan kita lihat," kata Luhut.

Sementara itu, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro ditemui usai rapat dengan Luhut menambahkan, dengan adanya pelabuhan hub internasional ini Indonesia bisa menyaingi dominasi Singapura.

"Kita ingin mengurangi dominasi Singapura, yang selama ini menjadi hub-nya. Nah, kalau bisa hub yang selama ini tergantung Singapura, itu bisa dipindahkan ke pelabuhan-pelabuhan di Indonesia," kata Bambang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/15/223700026/saingi-singapura-7-pelabuhan-ini-akan-dijadikan-hub-internasional

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke