PT KA Luncurkan KA Banyubiru Semarang-Solo

Kompas.com - 09/09/2008, 14:00 WIB
Editor

SEMARANG, SELASA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang Lebaran 2008 akan meluncurkan kereta api (KA) baru untuk jurusan Semarang-Solo pada 19 September 2008. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Warsono di Semarang, Selasa (9/9), mengatakan, KA tersebut direncanakan melayani dua kelas, yakni bisnis dan ekonomi.

Ia mengatakan, KA Banyubiru merupakan kereta rel disel Indonesia baru buatan PT Inka. Rencananya, akan ada dua set (per set ada empat gerbong) KA Banyubiru, tetapi pada saat peluncuran baru ada satu set.

Pada 17 September, ujarnya, KA baru itu sudah siap di Stasiun Tawang, Semarang. "Untuk satu set yang lain diharapkan pada Desember 2008 sudah bisa dioperasikan," katanya.

Menurut Warsono, ke depan KA itu tidak hanya melayani jalur Semarang-Solo, tetapi juga jalur Semarang-Solo-Sragen. "Untuk sementara melayani jalur Semarang-Solo. Nanti kalau sudah mapan akan dikembangkan sampai Sragen," katanya.

Waktu tempuh Semarang-Solo dengan KA Banyubiru diperkirakan 2 jam 45 menit. "Sebenarnya bisa ditempuh dalam dua jam, tetapi karena banyak gangguan, seperti lintasan, sehingga memerlukan waktu agak lama," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X