Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Luncurkan KA Banyubiru Semarang-Solo

Kompas.com - 09/09/2008, 14:00 WIB

SEMARANG, SELASA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang Lebaran 2008 akan meluncurkan kereta api (KA) baru untuk jurusan Semarang-Solo pada 19 September 2008. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Warsono di Semarang, Selasa (9/9), mengatakan, KA tersebut direncanakan melayani dua kelas, yakni bisnis dan ekonomi.

Ia mengatakan, KA Banyubiru merupakan kereta rel disel Indonesia baru buatan PT Inka. Rencananya, akan ada dua set (per set ada empat gerbong) KA Banyubiru, tetapi pada saat peluncuran baru ada satu set.

Pada 17 September, ujarnya, KA baru itu sudah siap di Stasiun Tawang, Semarang. "Untuk satu set yang lain diharapkan pada Desember 2008 sudah bisa dioperasikan," katanya.

Menurut Warsono, ke depan KA itu tidak hanya melayani jalur Semarang-Solo, tetapi juga jalur Semarang-Solo-Sragen. "Untuk sementara melayani jalur Semarang-Solo. Nanti kalau sudah mapan akan dikembangkan sampai Sragen," katanya.

Waktu tempuh Semarang-Solo dengan KA Banyubiru diperkirakan 2 jam 45 menit. "Sebenarnya bisa ditempuh dalam dua jam, tetapi karena banyak gangguan, seperti lintasan, sehingga memerlukan waktu agak lama," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com