Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipmi Dukung Agus M Jadi Menkeu

Kompas.com - 19/05/2010, 20:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mendukung Direktur Utama PT Bank Mandiri Agus Martowardojo menjadi Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati karena memiliki rekam jejak (track record) yang baik dan dekat dengan sektor riil.

"Kami mendukung dari bankir, termasuk Agus atau Gita Wiryawan (Ketua BKPM)," kata Ketua Umum Hipmi, Erwin Aksa, di Jakarta kepada wartawan, Rabu.

Erwin mengatakan bila sosok Agus yang ditunjuk Presiden, langkah itu sangat tepat sebab Dirut Mandiri itu dianggap sukses memimpin bank tersebut. 

Chief Executive Officer (CEO) Bosowa Grup ini menilai Agus juga dekat dengan sektor riil dan memahami benar kebutuhan dunia investasi.   Siapa pun yang nantinya menjadi menkeu, menurut dia, harus mampu meluncurkan kebijakan fiskal yang bisa mendorong meningkatnya realisasi investasi.

Saat ini, kata Erwin, banyak proyek yang sulit bergerak dan investasi masih sebatas komitmen sebab kebijakan fiskal belum atraktif mendukung dunia usaha.  "Kalau insentif pajak jalan, investasi akan terangkat. Maka, bila dari kalangan bankir yang jadi menkeu akan membawa angin segar," tegas Erwin.

Selain itu, lanjut dia, Menkeu baru harus dapat melanjutkan reformasi di Kementerian Keuangan.
Dia mengatakan kepemimpinan Agus Martowardojo di Bank Mandiri yang dinilai tegas dan berintegritas sangat cocok untuk melanjutkan reformasi tersebut.  "Saya kira Agus sudah terbukti dan bisa melanjutkan reformasi," kata Erwin menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com