Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Optimistis Feeder Busway Sukses

Kompas.com - 04/04/2011, 19:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengungkapkan pihaknya optimistis pemerintah kota Depok dan Tangerang akan menyambut baik rencana pengadaan feeder busway menuju Jakarta. Selama ini, kepadatan di Jakarta ditengarai turut disebabkan banyaknya warga Bodetabek yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Jakarta.

Berdasarkan data Polda Metro Jaya, sebanyak 6,7 juta pengendara bolak-balik menuju Jakarta. Jumlah itu terdiri dari 2,4 juta mobil dan 4,3 juta sepeda motor. Angka ini belum termasuk dua juta kendaraan Bodetabek yang masuk Jakarta tiap harinya.

"Soal feeder, saya optimis pemkot-pemkot Depok dan Tangerang bisa menyambut baik rencana feeder busway ini," ujar Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, Senin (4/4/2011), di Balaikota, Jakarta.

Menurutnya, saat ini sistem transfer penumpang dengan sistem busway rapid transit (BRT) masih belum jelas dan terintegrasi. Ke depannya, Foke merencanakan pengadaan feeder busway atau bus pengumpan di kota-kota yang berbatasan dengan Jakarta seperti Depok dan Tangerang. Pelayanan bus feeder tersebut nantinya akan memiliki jalur yang sama dengan jalur busway.

"Kita akan buat misalnya sistem yang connected dengan busway dari Tangerang menuju Kalideres. Di Tangerang mixed traffic begitu masuk ke Jakarta masuk ke jalur busway kemudian dari Kalideres dia terus menggunakan busway koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru)," ujarnya.

Akan tetapi, Foke masih belum bisa memastikan kapan feeder busway di wilayah Bodetabek itu bisa direalisasikan. Saat ini, pemprov masih fokus untuk melakukan lelang pada tiga rute feeder busway yang dilakukan pada bulan April ini. Tiga rute feeder yang siap lelang tersebut masih berada di dalam kota seperti Sentra Primer Barat (Duri Kembangan-Walikota Jakarta Barat), Tanah Abang-Balaikota, Sudirman Center Business District (SCBD)-Senayan.

Sedangkan, untuk feeder busway luar kota sebenarnya sudah akan direalisasikan di Depok tahun ini namun ditunda lantaran Pemerintah Kota (pemkot) Depok keberatan dengan bus besar yang disiapkan Kementerian Perhubungan. Pemkot Depok menginginkan bus sedang dengan kapasitas 24 orang. Bus-bus feeder itu akan mengantarkan warga Depok ke halte bus Transjakarta di Ragunan dan Dukuh Atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com