Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Halim Lampaui Standar Tanggap Darurat

Kompas.com - 22/09/2011, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, mampu melampaui standar waktu tanggap darurat (emergency response time) yang telah ditentukan otoritas penerbangan nasional maupun internasional. Hal tersebut terungkap dalam Airport Emergency Exercise (AEE) atau Latihan Penanggulangan Gawat Darurat (PGD) bertajuk "Rajawali Sakti II" yang digelar di bandara tersebut, Kamis (22/9/2011).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri S Sunoko menjelaskan, otoritas penerbangan sipil nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, ataupun organisasi penerbangan sipil internasional International Civil Aviation Organization (ICAO) menetapkan standar tanggap darurat maksimal selama 3 menit.

Ketentuan tersebut di antaranya termuat dalam Dokumen ICAO 9137 AN/898 Airport Service Manual Part 7 Airport Emergency Planning dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 47 Tahun 2002, serta aturan-aturan terkait lain.

"Standar response time maksimum 3 menit tersebut untuk meminimalisasi risiko yang terjadi akibat kecelakaan, khususnya terhadap korban. Karena target utama dari penanggulangan kondisi darurat ini adalah penyelamatan nyawa korban. Alhamdulillah, pada latihan ini kami mampu melaksanakannya kurang dari 3 menit. Ini prestasi bagi Angkasa Pura II, khususnya Bandara Halim Perdanakusuma," kata Tri.

Tri Sunoko menegaskan, Latihan PGD bukanlah latihan yang bersifat seremonial biasa. Latihan ini merupakan cerminan dari kesiapan sebuah bandar udara dalam memberikan jaminan keamanan (safety) dan keselamatan (security) kepada semua pengguna jasa bandara.

"Karena itu, semua personel yang terlibat harus berperan secara total, seolah-olah peristiwa yang diskenariokan adalah situasi yang benar-benar sedang terjadi," kata dia. International Air Transport Association mengeluarkan pernyataan bahwa runway excursions, menyumbang 21 persen dari semua kecelakaan global pada tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com