Gerbong KA Tua Dipindah Ke Museum Ambarawa

Kompas.com - 09/11/2011, 20:44 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MAGELANG, KOMPAS.com - Gerbong kereta api (KA) buatan Belanda berusia 107 tahun di Sub Terminal Kebonpolo, Kota Magelang, Jawa Tengah, dibawa untuk diperbaiki dan dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa.

"Setelah diperbaiki dan ditempatkan di Museum Kereta Api, diharapkan gerbong dapat menambah memberikan pengetahuan untuk masyarakat yang datang berkunjung ke museum," ujar Manajer Program Konservasi Non Bangunan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ersya Ibrahim, Rabu (9/11/2011).

Sekitar 30 persen bentuk fisik gerbong kereta api itu dalam kondisi rusak dan berkarat. Untuk memindahkan gerbong kereta seberat 25 ton ini, PT KAI menyewa trailer dan mengeluarkan biaya angkutan Rp 25 juta.

Gerbong kereta api itu sebelumnya digunakan untuk mengangkut penumpang kereta api Magelang-Yogyakarta. Setelah lama tidak dioperasikan, pada tahun 1980  akhirnya ditempatkan di Sub Terminal Kebonpolo.

Rangkaian kereta api yang dulu beroperasi untuk rute Magelang-Yogyakarta itu, bernama Harkot Duisburg Am Rhein 1904 dengan nomor seri 12696.

Kereta ini sebenarnya terdiri atas satu lokomotif dan empat gerbong. Namun pada tahun 1985, tiga gerbong dan satu lokomotif telah lebih dahulu dipindahkan ke Ambarawa. Satu gerbong ditinggal sebagai peninggalan cagar budaya di Kota Magelang. (EGI)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.