Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanjiran, Puluhan Warga Bakung Datangi Citra Garden

Kompas.com - 26/01/2013, 17:38 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Puluhan warga Teluk Betung Barat, Bandar Lampung, mendatangi perumahan Citra Garden, Sabtu (26/1/2013), meminta pertanggungjawaban dan penjelasan banjir akibat jebolnya danau buatan di Citra Garden.

Menggunakan tiga truk, warga mendatangi kompleks perumahan elite itu. Mereka sempat meninjau langsung kondisi waduk yang tanggulnya jebol sehingga airnya tumpah membanjiri perumahan mereka, menyusul banjir pada Kamis (24/1/2013).

Kepada pihak pengembang, warga juga meminta pertanggungjawaban atas banjir yang mengakibatkan rumah mereka berhari-hari kebanjiran. "Kami demo (unjuk rasa) minta santunan. Barang-barang elektronik kami banyak yang rusak. Banjirnya seperti air bah, kencang, karena jebol waduknya. Padahal, puluhan tahun sebelumnya tidak pernah seperti ini," ujar Trisno (40), warga Kampung Sawa Raya, Kelurahan Bakung, Teluk Betung Barat.

Sementara itu, Daniel Reinhard Siregar dari manajemen pengembang Citra Garden, mengatakan, jebolnya tanggul danau karena hujan ekstrem. "Itu adalah bencana alam. Jika tidak ada danau ini, perumahan di bawah (Bakung) malah bisa tenggelam. Air ditampung dulu di danau ini," ujarnya.

Meskipun demikian, katanya, pihaknya tidak menutup diri dengan kesulitan yang dialami warga akibat jebolnya danau di perumahan Citra Garden itu. "Kami tengah meninjau dan menginventarisasi (kondisi). Kami pun sudah memberikan bantuan makanan kepada mereka, mungkin juga akan memberikan air bersih," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com