Seluruh Penerbangan Haji di Halim Dialihkan ke Soekarno Hatta

Kompas.com - 29/07/2017, 12:03 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh penerbangan haji yang berangkat dari Bandara Halim Perdanakusumah dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta menyusul kerusakan pada runway atau landasan pacu di Halim pada Jumat (28/7/2017) pagi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pengalihan akan dilakukan seterusnya. "Kami memutuskan mulai hari ini mungkin sampai seterusnya, penerbangan haji akan menggunakan Bandara Soekarno Hatta. Kami mengalami suatu hal yang tidak kita inginkan di Halim," kata Budi, seusai membuka KAI Travel Fair 2017, di Jakarta Convention Center, Sabtu (29/7/2017).

Dia mengatakan, sebenarnya landasan pacu Bandara Halim Perdanakusumah memiliki Pavement Classification Number (PFN) yang memadai. Hanya saja, dia menduga ada air tanah yang berlebihan.

Hal tersebut mengakibatkan adanya kandungan air di antara lapisan atas dan lapisan menengah, membuat landasan rawan terkelupas.

"Jadi secara spesifik memang sementara ini kami menghindari penggunaan Boeing 777 di Halim. Karena roda pesawat Boeing 777 lebih sedikit sehingga tumpuan per satuan titik lebih tinggi," kata Budi.

Runway di Bandara Halim Perdanakusumah mengelupas setelah satu kloter rombongan haji diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia berbadan lebar atau wide body jenis Boeing 777.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.