Suplai Minyak Venezuela ke Phillips 66 di AS Anjlok

Kompas.com - 02/08/2017, 14:14 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

HOUSTON, KOMPAS.com - Suplai minyak mentah Venezuela ke kilang independen dari Amerika Serikat (AS) Phillips 66 turun hingga dua pertiga jumlah biasanya pada tahun ini akibat permasalahan pada kualitas minyak.

Phillips 66 juga membatalkan pengiriman satu kargo di awal bulan ini, menurut sumber perusahaan minyak negara Venezuela, PDVSA.

Sumber tersebut juga menyatakan, Phillips 66 juga meminta diskon untuk pengapalan minyak mentah dari Venezuela.

Selama ini, minyak mentah Venezula menyuplai kilang Phillips 66 di Texas. Pengiriman minyak Venezuela turun menjadi 35.000 bare per hari di Juni, dari 105.000 barep per hari di Januari, menurut data Thomson Reuters.

Kontrak antara PDVSA Venezuela mencatatkan suplai maksimum mencapai 170.000 barep per hari.

Phillips 66 enggan berkomentar "karena masalah sensitif."

Menurunnya kualitas minyak mentah Venezuela disebabkan turunnya produksi minyak negara ini dan banyaknya minyak dari Venezuela yang digunakan untuk membayar pinjaman dari Russia dan China.

Dengan demikian, jumlah minyak yang dijual berkurang, sehingga mereduksi suplai ke pelanggan PDVSA, yang utamanya ada di AS. Di Mei, AS mengimpor 767.000 barel minyak mentah dari Venezuela per hari.

Venezuela sendiri jadi kunci bahan baku kilang minyak di AS. Phillips 66 memproses lebih sedikit minyak pada sembilan kilangnya, berdasarkan konferensi yang dilakukan perusahaan di Selasa.

Chief Executive Phillips 66, Greg Garland mengatakan bahwa reduksi suplai dari Venezuela dan reduksi suplai dari Timur Tengah, serta permasalahan dari minyak Kanada telah mengganggu produksi perusahaan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.