BNI Fasilitasi BUMDes di Pulau Sebatik

Kompas.com - 18/08/2017, 07:50 WIB
Menteri Desa Eko Putro bersama manajemen BNI meninjau BUMDes di Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara dok BNIMenteri Desa Eko Putro bersama manajemen BNI meninjau BUMDes di Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memfasilitasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berbarengan dengan peringatan HUT ke-72 RI.

Pulau Sebatik merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pembentukan BUMDes di pulau ini merupakan program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menuturkan program ini menjadi salah satu upaya BNI mendukung program pengentasan kemiskinan di desa.

Sejak tahun 2016 BNI telah aktif mendampingi desa dalam pembentukan BUMDes di seluruh Indonesia. Sejauh ini, BNI sudah mendampingi pembentukan 2.745 BUMDes, dan dalam upaya transparansi Dana Desa.

"Saat ini juga telah dibuka 9.815 Rekening Kas Desa (RKD) yang dikelola melalui BNI. Menurut data dari Kemendesa PDTT, di Pulau Sebatik saat ini terdapat 19 BUMDes dan 10 di antaranya adalah mitra BNI," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (17/8/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Desa & PDTT Eko Putro Sandjojo, serta Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid.  

Di Sebatik, BNI telah membantu memfasilitasi 10 BUMDes, yakni menjadi Agen46, atau kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X