Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Fasilitasi BUMDes di Pulau Sebatik

Kompas.com - 18/08/2017, 07:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memfasilitasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berbarengan dengan peringatan HUT ke-72 RI.

Pulau Sebatik merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pembentukan BUMDes di pulau ini merupakan program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menuturkan program ini menjadi salah satu upaya BNI mendukung program pengentasan kemiskinan di desa.

Sejak tahun 2016 BNI telah aktif mendampingi desa dalam pembentukan BUMDes di seluruh Indonesia. Sejauh ini, BNI sudah mendampingi pembentukan 2.745 BUMDes, dan dalam upaya transparansi Dana Desa.

"Saat ini juga telah dibuka 9.815 Rekening Kas Desa (RKD) yang dikelola melalui BNI. Menurut data dari Kemendesa PDTT, di Pulau Sebatik saat ini terdapat 19 BUMDes dan 10 di antaranya adalah mitra BNI," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (17/8/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Desa & PDTT Eko Putro Sandjojo, serta Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid.  

Di Sebatik, BNI telah membantu memfasilitasi 10 BUMDes, yakni menjadi Agen46, atau kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com