Bangkai Kapal Perang Bersejarah USS Indianapolis Ditemukan

Kompas.com - 20/08/2017, 14:00 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - Tim ekspedisi miliarder Paul Allen menemukan bangkai kapal perang AS USS Indianapolis yang tenggelam 72 tahun lalu pada saat Perang Dunia II, mengutip Fox News, Minggu (20/8/2017).

USS Indianapolis karam di Laut Filipina setelah ditorpedo oleh Jepang. USS Indianapolis diserang torpedo oleh pasukan Jepang pada 30 Juli 1945 dan tenggelam hanya dalam waktu 12 menit.

Karamnya USS Indianapolis adalah tragedi terbesar di laut sepanjang sejarah Angkatan Laut AS. Kala itu, USS Indianapolis memiliki 1.196 orang kru. Akan tetapi, yang berhasil selamat hanya 317 orang.

Kru kapal perang yang tak selamat rata-rata disebabkan oleh dehidrasi, keracunan air laut, atau diserang oleh ikan hiu.

"Dapat memberikan penghormatan bagi para awak pemberani USS Indianapolis beserta keluarga mereka dengan penemuan kapal yang memainkan peranan penting selama Perang Dunia II sangatlah membanggakan bagi kami," kata Allen dalam pernyataannya.

Sebelum diserang dan akhirnya karam, USS Indianapolis telah mengirimkan komponen-komponen untuk senjata nuklir yang kemudian dijatuhkan di Jepang.

"Selama lebih dari dua dekade saya bekerja sama dengan para korban selamat. Mereka amat merindukan hari di mana kapal mereka dapat ditemukan, menyelesaikan misteri pamungkas mereka," ujar Kapten (Purnawirawan) William Toti, juru bicara para korban selamat USS Indianapolis.

Ekspedisi sebelumnya yang dipimpin Allen berhasil pula menemukan bangkai kapal perang Jepang Musashi. Tim ekspedisi Allen juga menemukan bangkai kapal perusak Italia Artigliere.

Kapal yang mengangkut 16 orang tim ekspedisi Allen akan melanjutkan kegiatan survei secara keseluruhan pada lokasi ditemukannya USS Indianapolis. Tim juga akan menyiarkan tur secara langsung di lokasi.

Allen adalah seorang pebisnis, miliarder, investor, dan filantropis. Ia mendirikan Microsoft bersama Bill Gates yang kini menjadi orang terkaya di dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Foxnews


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.