Jadi Penasihat E-commerce Indonesia, Jack Ma Janji Tak Rebut Pasar Lokal

Kompas.com - 28/08/2017, 13:00 WIB
Jack Ma businessweekJack Ma
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui telah meneken keputusan terkait Jack Ma, sebagai salah satu penasehat internasional untuk peta jalan (road map) e-commerce Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Jack Ma adalah pendiri Alibaba Group, perusahaan e-commerce besar di China. Jack Ma juga merupakan orang terkaya kedua di China.

Menurut Darmin, saat bertemu dengan Jack Ma bahwa ia meminta pendiri Alibaba itu menjadi penasehat untuk langkah jangka panjang.

"Jadi nanti jangka pendeknya kami (pemerintah) pikirkan. Nah untuk jangka panjangnya dia (Jack Ma) bagaimana," ujar Darmin pada akhir pekan lalu.

(Baca: Jack Ma Bantah Batal Jadi Penasihat "E-commerce" Indonesia)

Ia menegaskan, Jack Ma berjanji akan datang ke Indonesia hanya sebagai penasehat. Menurut Darmin, Jack Ma berkomitmen untuk tidak merebut pasar e-commerce Indonesia.

"Dia (Jack Ma) bilang berjanji datang bukan sebagai investor China. Dia tidak akan mengambil bisnis dan hanya mau membantu dengan senang hati," pungkas Darmin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Darmin Nasution bertemu miliarder Jack Ma di sela-sela pertemuan tertutup dengan State Councilor Yang Jiechi di Beijing, Selasa (22/8/2017).

Saat bertemu pendiri sekaligus Chairman Eksekutif Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China tersebut, Menko Perekonomian didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara beserta sejumlah delegasi dari Indonesia.

(Baca: Alibaba dan Sejumlah Investor jadi Pemegang Saham Halomoney.co.id)

"Kehadiran Menkominfo diharapkan dapat mendorong langkah-langkah baru kerja sama di bidang e-commerce," kata Duta Besar RI untuk China, Soegeng Rahardjo di Beijing.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X