Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Purbalingga dan AP II akan Teken MoU untuk Pembangunan Bandara Jenderal Sudirman

Kompas.com - 06/09/2017, 09:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan PT Angkasa Pura (AP) II akan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pembangunan bandara Jenderal Besar Soedirman, Kamis (14/9/2017) pekan depan.

MoU tersebut yang nantinya menjadi dasar pelaksanaan pembangunan Lanud Jenderal Besar Soedirman menjadi bandara komersial, dari sebelumnya sebagai pangkalan TNI AU.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan, setelah dilakukan penandatanganan tersebut, PT AP II sebagai pelaksana proyek akan menyusun Detail Enginering Design (DED).

“Proses pembangunan akan diawali dengan peletakan batu pertama bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Purbalingga ke 187, tanggal 18 Desember 2017,” katanya Selasa (5/9/2017).

Bandara tersebut rencananya akan selesai dibangun dan mulai beroperasi tepat satu tahun kedepan, yakni 18 Desember 2018. Dia berharap, keberadaan bandara tersebut akan membawa dampak positif terutama bagi perkembangan sektor ekenomi di wilayah Jateng Barat bagian Selatan.

“PT Angkasa Pura II akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 350 Miliar untuk pembangunan tahap pertama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Purbalingga Tongat mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh atas rencana pembangunan Bandara Jenderal Sudirman.

Bentuk dukungan dilakukan dengan menyetujui alokasi anggaran di APBD Perubahan tahun 2017 guna pembebasan lahan untuk kepentingan proyek bandara.

“Kami telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 30 miliar untuk pembebasan lahan. Ada lahan seluas 4,2 hektar milik 60 Kepala Keluarga (KK) yang yang akan digunakan untuk pembangunan bandara. Proses ganti rugi diharapkan bisa berjalan lancar,” katanya.

Seperti diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melakukan kunjungan ke bandara Soedirman, di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah memastikan bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga akan beroperasi paling lambat akhir tahun 2018.

PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) akan menjadi operator atau pengelola bandara ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com