Hingga Akhir Agustus, Penerimaan Pajak Capai 53 Persen dari Target

Kompas.com - 07/09/2017, 15:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) didampingi Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo (kiri) menyampaikan pendapatnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9). Rapat itu membahas utang pemerintah. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYMenteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) didampingi Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo (kiri) menyampaikan pendapatnya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/9). Rapat itu membahas utang pemerintah.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan pajak hingga akhir Agustus 2017 tercatat Rp 780,037 triliun atau 53 persen dari total target penerimaan dalam APBN Perubahan 2017.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dan sudah menjalankan tax amnesty, penerimaan perpajakan sebesar Rp 711,447 triliun atau 46 persen dari total APBN Perubahan 2016.

"Jadi memang ada growth, pertumbuhan yang cukup baik, kalau lihat year on year nya kami cukup optimis (target tercapai). Tapi kalau media selalu menyorot, sudah bulan Agustus, kok (penerimaan pajak) baru 53 persen," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Untuk penerimaan pajak dalam negeri sebesar Rp 755,818 triliun atau 52,6 persen dari total APBN Perubahan 2017.

Penerimaan pajak penghasilan dalam negeri pada periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp 689,099 triliun atau 45,8 persen dari total APBN Perubahan 2016. Dia mengatakan, akan menggenjot penerimaan pajak selama empat bulan terakhir.

"Setiap bulan, kami akan melakukan evaluasi terhadap profile penerimaan perpajakan kita dan akan melakukan penyisiran terhadap ekstra effort yang memang terus akan kami usahakan," kata Sri Mulyani.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X