Ini Alasan AirAsia Raih ABA di Mata Tony Fernandes

Kompas.com - 09/09/2017, 09:41 WIB
CEO AirAsia Tony Fernandes KOMPAS.com/Sabrina AsrilCEO AirAsia Tony Fernandes
|
EditorAmir Sodikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group Tony Fernandes mengaku sangat senang perusahaannya berhasil meraih penghargaan ASEAN Business Award (ABA).

Penghargaan itu disebut Tony sebagai ganjaran atas sikapnya selama ini yang percaya kepada ASEAN sebagai sebuah wilayah yang penuh potensi ekonomi dan pariwisata.

"Kami meraih banyak penghargaan, tetapi yang satu ini berarti banyak buat saya karena ASEAN telah menyadari apa yang telah AirAsia lakukan untuk ASEAN. Saya sendiri sudah percaya ASEAN sebelum mereka percaya kepada saya," ungkap Tony kepada Kompas.com, di Air Asia RedQ, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (8/9/2017).

AirAsia meraih penghargaan untuk kategori "Priority Integration Tourism Sector" atas perannya membantu mengintegrasikan pariwisata di kawasan, khususnya Asia Tenggara. Penghargaan disampaikan oleh Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte pada Rabu (6/9/2017).

AirAsia, lanjut Tony, telah membuat negara-negara di ASEAN semakin mudah dikunjungi oleh siapapun, termasuk mereka yang tinggal di salah satu negara ASEAN. Mimpi Tony kala membangun AirAsia memang ingin menjadikan negara-negara di ASEAN mudah dijangkau dan terintegrasi satu sama lain.

"Yang membuat saya senang adalah ketika berkunjung ke Manilla kemarin ada empat orang Solo dan dua orang Kamboja yang tidak pernah ke Filipina bisa pergi ke sana menggunakan AirAsia. Jadi saya bangga AirAsia bisa seperti itu," jelas dia.

Penghargaan ABA sendiri diserahkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte, disaksikan oleh Sekretaris Perdagangan dan Industri Filipina, Ramon Lopez dan Ketua Asean Business Advisory Council (BAC), Joey Concepcion, pada Rabu (6/9/2017).

ABA dibentuk oleh ASEAN BAC pada tahun 2007 untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian luar biasa perusahaan-perusahaan di ASEAN, yang berfungsi sebagai pondasi untuk menyebarkan informasi terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN, serta menyoroti usaha kecil menengah yang berpotensi menjadi pelaku ekonomi global dalam industrinya masing masing. 

Selain pariwisata, penghargaan Sektor Integrasi Prioritas juga diberikan terhadap 11 sektor lainnya seperti perikanan, elektronika, teknologi informasi/e-ASEAN, tekstil, logistik, produk berbasis kayu, karet, pertanian produk pangan, kesehatan, otomotif dan retail.

Selain itu, terdapat juga penghargaan lainnya untuk usaha kecil menengah, wirausaha wanita, wirausaha muda, dan usaha inklusif serta Friend of ASEAN Award dan Legacy Award.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.